KETIKA CINTA TERBALAS

Kamis, 28 November 2013

Setetes embun mengawali pagi ini, kicauan burung yang bersautan semakin membuat semangat memulai hari ini. Yah tahun ajaran baru dimulai, mungkin sebagian siswa senang menyambutnya karena bisa masuk sekolah lagi tapi sebagian siswa sebaliknya  karena masuk sekolah berarti hari libur telah usai. Aku  berbeda dengan anak lainya mungkin 1 atau 2 tahun sekali aku harus pindah-pindah sekolah, bukan..bukan karena aku ada masalah di sekolahitu dan mewajibkanku pindah sekolah, tapi karena ayahku setiap tahun pindah tugas dari kota satu ke kota lainnya bahkan masuk pulau keluar pulau. Aku harus memahami pekerjaan orang tua ku, aku harus pandai-pandai beradaptasi di lingkungan sekolah-sekolah ku yang akan aku singgahi. Sekarang aku  kelas 11 SMA, ayah menempatkanku di SMA PELITA ya katanya SMA ini salah satu SMA swasta favorite di kota ini. “Ve, ayah tinggal ya baik-baik di sekolah” pesan ayahku sebelum meninggalkan sekolah untuk kembali bekerja. Aku hanya mengangguk-angguk. Aku mengikuti langkah guruku yang mengantarkanku menuju kelas 11IPA-4. Sengaja aku berjalan agak lambat karena ingin melihat lingkungan sekolah ini, tampaknya nyaman dan terdapat taman di sisi belakang dilengkapi gazebo-gazebo.”Ve.. ayo percepat langkahmu sebentar lagi pelajaran pertama akan segera dimulai” kata Bu Sinta. Di sekolah ini memang seperti itu 15 menit sebelum pelajaran pertama diberi waktu untuk membersihkan kelas ataupun membenahi kelas.
“Baik Ve ini kelasmu, ayo masuk “ kata bu Sinta. Aku hanya mengangguk .
“Anak-anak silent please!!” Bu Sinta sambil menepuk 2 tepukan tangan dan menyuruh para siswa agar diam.
“OK, kelas kita kedatangan murid baru pindahan dari Jogja, baik silahkan Ve perkenalkan dirimu.”
Aku masih sibuk memandangi isi seluruh kelas, bukan-bukan aku tidak grogi ini sudah kebiasaanku tiap tahun untuk mengulangi memperkenalkan namaku, mungkin asal kota ku saja yang berubah. “Baik bu, perkenal....” belum sempat aku meneruskan tiba-tiba pintu kelas diketuk lalu ada satu siswa cowok yang masuk tampilan cowok itu berantakan rambut tak disisir dan baju dimasukkan dengan asal-asalan, namun satu yang membuatku aneh di lehernya dikalungkan sebuah camera.
“Permisi bu, maaf saya terlambat”
“Aji lagi-lagi kamu terlambat. Alasan apalagi yang mau kamu buat ? kesiangan, ban bocor apalagi ?”
“Maaf bu alarm saya lagi eror”
“Ya sudah duduk sana. Baik Ve teruskan perkenalan kamu”
Aku mengangguk. “Baiklah nama saya Veanda Prawitasari panggil saja Ve, saya pindahan dari SMA SANJAYA Jogja”
“Baik Ve, silahkan duduk di samping Aji”
“Baiklah anak-anak buka buku Paket Kimia halaman 101”
“Hay Ve aku Rena dan ini Dera"
            “teet ...teet” bel berbunyi dan waktunya istirahat. “Ve ayuk ke kantin yuk” aku laper sekali , aku tak menolak ajakan Dera dan Rena. “Bu baksonya satu ya nggak pakai sayur” setelah bakso jadi, aku membawanya dan melihat sekeliling mencari bangku yang kosong, tampak Dera dan Rena melambaikan tangan dan menyuruhku menghampirinya, ternyata Dera dan Rena sudah mencarikanku tempat kosong.
            “kamu gak makan Der ?”
            “Ah kamu Ve, Dera lagi diet tuh” ejek Rena
            “apasih Ren diet apaan ? aku lagi males makan aja” jawab Dera sambil cemberut
            “Bohong tuh Ve, dia barusan putus sama pacarnya jadi galau gini deh” jawab Rena
            “Oh penyakit cewek”
Kemudian aku, Rena dan Dera tertawa bersama.
            “Eh tau teman kita sekelas tadi yang telat itu namanya siapa?”
            “Oh si Aji. Kenapa Ve ?” tanya Dera penasaran
            “Enggak, kok aneh gitu ya”
            “Oh tentang dia suka bawa kamera ? tanya Rena
            “Itu tuh Ve dia suka motret-motret gitu deh, katanya foto itu nyawanya”
            “Oh. Eh balik yuk kayaknya mau masuk nih” ajakku pada Rena dan Dera

JJJ
Oh Aji Pamungkas nama lengkapnya alumni SMP PELITA Jogja. Hah ? dia juga pindahan dari Jogja? Hobinya Fotografer. Iya-iya setelah itu aku memencet pada tulisan Album. Gila ... bagus-bagus juga hasil jepretanya terkesan alami banget natural. Setelah selesai aku segera menutup facebook. Lalu kembali berkutan dengan buku untuk mengerjakan PR yang diberikan Bu Sinta tadi.
’’ Ya ampun aku lupa beli bahan praktikum biologi buat besok” batin aku. Mau tidak Mau aku segera megambil sepeda lalu bergegas ke toko untuk membeli bahan-bahan praktikum.
            “Mas ada plastisin ?” ada suara lain yang mengatakan. Dan saat ku toleh ternyata Aji yang menanyakan hal yang sama. Dan kulirik dia masih mengkalungkan camera di lehernya.
            “Ada dek butuh berapa?”
            Jawab bersamaan “satu”
            “Maaf dek tinggal satu, tadi siapa yang duluan ?” tanya mas penjual
            “Saya” jawab bersamaan lagi
            “Ya udah mas buat cewek ini aja” Aji mengalah
            Hah ? cewek ? aku kan punya nama. Kebangetan banget itu anak padahal aku juga udah kenalan di kelas. Sabar aja deh. Setelah aku membayar di kasir, aku bergegas pulang karena sudah semakin malam juga. Tapi ketika aku mau meaiki sepeda ada yang beda rasanya. “Aseeem ban bocor lagi mana ini udah malam” batinku. Aku hanya berjalan dan melirik kanan kiri mencari tukang tambal ban yang masih buka, sedikit takut karena aku belum begitu mengenal daerah ini karena aku baru tinggal di sini. Aku mendapatkan alamat toko iyu pun dan denah jalan yang harus kulalui buat ke toko itu dari Dera.
            “Kenapa ? Ban lo bocor?”
            Aku kaget. “Sepertinya aku kenal suara ini” batinku. Yah bener itu suara Aji
            “Iya tau nih bocor tiba-tiba” jawabku”
            “Ayo jalan dikit lagi ada Tukang tambal ban di seberang”
            Kemudian aku mengikuti apa kata Aji. Dia nggak bohong, beneran di seberang ada tukang tambal ban. “Fiuuuuh untung masih buka ya ?”
            “Kapanpun juga buka. Liat papanya” jawab Aji smbil cuek
            “Ah bodoh banget jelas-jelas ada tulisanya BUKA 24 JAM. Ah bodoh Ve bodoh” batinku
Setelah sampai di tukang tambal ban aku segera memarkirkan sepeda. Sumpah haus banget mau minum tapi nggak bawa minum.
            “Ambil di tas” jawab Aji sambil memutar lensa kamera.
            Aku hanya menuruti kata Aji. Aku membuka tasnya, ternyata ada sebotol air putih. Busyeet ini anak kok bisa baca pikiran aku jadi ngeri.
            “Udah selesai tuh. Gue pergi dulu” jawabnya sambil meraih tas
Aduh aku belum sempet bilang terimakasih tapi Aji udah pergi, botol nya juga masih ke bawa. Aduh ini gimana ?
JJJ

            Aku menghampiri bangku Aji. “Ji ini botol minum mu kemarin lupa ngembaliin. Oh ya makasih ya kemaren” . aku menunggu Aji menjawab, eh dia malah memasukkan botol lalu pergi ke luar kelas.
Dera dan Rena segera menghampiri aku “Ve, habis kencan sama Aji ya ?” seldik Rena.
“Oh kamu kemaren tanya-tanya Aji ternyata..” ejek Dera.
“Nggak kok” jawabku
“Terus itu pipimu merah artinya apa? Jawab Dera
“Gini nih, kemaren ban ku bcor habis beli alat praktikum terus ketemu Aji deh dikasih tau tempat tambal ban”
“Ohhhhh..” jawab Rena dan Dera bersamaan.
“Eh aku ke perpus dulu ya mau baca-baca, mau ikut ?
Rena dan Dera menggeleng.
            Entah hari ini aku ingin pergi ke perpus. Saat melewati lorong aku lihat Aji sedang mengambil gambar anak basket yang sedang latian di lapangan.
            “Heh elo? Apa liat-liat”  tunjuk kak Kevin kearahku
            “Saya? Enggak kok kak. Aku lagi liat anak basket.”
            “Gak usah alasan. Ayo ikut aku.”
            “kemana kak ?” aku nggak tau kenapa kak Kevin mengajak aku kegazebo  taman , padahal aku lagi ngelihat Aji. Tapi kenapa kak Kevin yang ngerasa diliatin ? . Oh ya Kevin Yudhistira kakak kelas yang juga cinta photografi, dia keren dan banyak cewek yang mengantri buat jadi pacaranya itu kata Rena dan Dera.
            “Nama lo Veanda kan ? pindahan SMA Pelita.”
            “I.........ya kak” jawabku. Jujur aku gak tau harus ngelakuin apa.
            “Minggu ada acara nggak ?”
            “nggak kak, kenapa?” jawabku sambil gemeter karena di sekitar taman banyak para cewek yang merhatiin aku dan kak Kevin.
             “Aku tunggu di Louise Cafe ya jam 7 pagi. Please jangan nolak”
Belum sempet aku jawab kak Kevin sudah pergi. Entah ada sesosok mata yang sedari tadi memperhatikan percakapan aku dan kak Kevin, dia bersembunyi dibalik pohon.
JJJ

Minngu 07.00
            Aku baru tiba di Louise Cafe telat 5 menit. Aku liat kak Kevin duduk di pojok sambil melihat pemandangan yang dihalangi oleh kaca. “Maaf kak aku terlambat”
            “Gak papa. Ini bukan sekolah kok harus datang tepat waktu” jawab kak Kevin
            “Ayok kita pergi” ajak kak Kevin
            “Kemana kak?” tanyaku
            “Rahasia, ntar kalau aku bilang nggak rahasia dong.”
            Ternyata kak Kevin mengajakku ke sebuah Pameran Photografi, disana sangat ramai sekali dan yang pasti dipenuhi oleh hasil jepretan-jepretan handal photograper profesional.
            “Kamu tunggu disini bentar ya Ve, aku mau kesana bentar”
            Aku mengamati jepretan-jepretan yang di pamerkan. Dari yang warna, hitam putih semuanya bagus, aku sangat kagum.
            “Ve.. kamu gak papa kan ? baik-baik aja?” tanya kak Kevin dengan wajah khawatir
            “Enggak kok Kak, kok kakak khawatir banget?” tanyaku
            “Nggak nggak papa, ayuk Ve ke sebelah sana masih banyak lagi yang lebih bagus-bagus” ajak kak Kevin sambil meraih tangan ku. Entah aku merasa ada sepasang mata yang memandangku dengan wajah kesal campur amarah.
            “Nah ini nih Ve hasil jepretanku. Bagus enggak?” tunjuk kak Kevin
            “Bagus kok kak” jawabku. Entah dapat bisikan darimana mataku langsung menuju arah bingkai di sebelahnya dan pada bawahnya tertulis Aji Pamungkas hasil jepretan nya sangat bagus terkesan natural. Belum lama aku mengamati foto itu kak Kevin mengajakku keluar untuk mencari makan.
                                                JJJ

            “Ciyee yang kemaren habis jalan sama kak Kevin, udah ditembak belom” tanya Dera
            “Iya tuh pakai mesra banget gandengan tanganya” ledek Rena
            “Apasih kalian, Cuma jalan biasa kok, kantin yuk” jawabku standar
Belum sempat sampai ke kantin mataku berbelok ke arah lapangan basket, sekali lagi aku mengamati Aji sedang sibuk memainkan kameranya. “Ve ayo katanya ke kantin ?” panggil Rena.
            “iya kalian duluan aja, aku masih ada urusan” jawabku pada Rena dan Dera.
Aku urungkan niat ke kantin, aku segera menghampiri Aji sekedar ingin mengucapkan selamat atas fotonya pada pameran kemarin. Namun Aji sudah tidak ada pada lapangan basket lagi, aku menghela nafas “Yah hilang lagi” batinku. Akhirnya aku menyusul Rena dan Dera ke kantin.
            “Urusan apa sih Ve?” tanya Dera penuh selidik
            “Nggak apa-apa kok” sambil menyerebot minuman Rena
            “Eh eh aku belom minum tau, kan yang beli harus minum duluan”
            “Hehe maaflah Ren haus nih” sambil aku menyeruput minuman Rena lagi, mataku menangkap sosok Aji. Oh ternyata dia lagi di taman.
            “Eh bentar ya ada urusan lagi, yang tadi belum kelar daaaaa...” sambil kulaimbakan tangan pada Rena dan Dera. Dan mereka melambaikan tangan dengan wajah bingung.
Aku segera menuju gazebo taman pojok utara taman, aku tak ingin kehilangan jejak Aji lagi. Aku beranikan diri menghampiri Aji.
            “Hai Ji” sapaku. Tetapi seperti biasa dia tak menjawab. Aku ulangi lagi membuka pembicaraan.
            “Eh ngomong-ngomong hasil jepretanmu kemaren di Pameran Fotografi bagus banget deh” pujiku dari dalam hati. Tapi setelah sekian detik Aji tetap saja tak membuka mulutnya. Entah aku berpikir positif aja. Ah barangkali Aji lagi sariawan.
            “Eh yaudah Ji, aku Cuma mau ngomong itu. Aku balik ke kelas dulu ya byeee ”
Setelah beberapa langkah aku meninggalkan Aji aku melihat belakang lagi. OMG ternyata dia masih seperti tadi dan dengan posisi tetap, aku sangat geregetan sekali, hargain kek jawab dikit diajak ngomong malah diam aja.
            “Hey Ve, wajah kusut bener ? habis ngapain ?” tanya Rena
            “Gak papa kok” jawabku seperti biasa hanya standart
            “Baiklah anak-anak Ibu akan membagikan kelompok praktikum kita kali ini. 1 kelompok du anak ya.”
            “Ya Rena dan Diko, Dera dan Vino, Reta dan Rendy, Veanda dan Aji”
            “Matih, sama manusia patung itu” gerutuku dalam hati. Dan Rena, Dera hanya melihatku bertanya melalu isyarat apakah aku baik-baik saja. Aku hanya mengangguk kepada mereka meyakinkan bahwa aku baik-baik saja.
            “Oke anak-anak kalian bisa melakukan praktek sekarang, untuk laporan saya kasih waktu 2minggu”
            “Baik bu” jawab anak-anak.
Aku menghampiri Aji untuk mengajak memulai praktikum. “Ji ayo kerja “ ajakku, tapi seperti biasa dia hanya diam tanpa seucap jawaban. “Tenang ...tenang, sabar Ve kerjain sendiri aja dulu, dicoba” aku hanya menenangkan diriku sendiri. Aku memulai mengambil alat-alat untuk praktikum, lalu aku menyiapkan bahan dan memasangkan alat-alat tersebut lalu memulai uji coba. Aku lirik Aji, dia malah sedang menjepret teman-teman yang lagi ngerjain praktikum aku semakin kesal.
            “Oke anak-anak karena waktu sudah habis. Bersihkan alat-alat praktikum lalu kembailkan pada tempatnya. Jangan lupa laporan dikumpulkan 2minggu lagi”
            “Nih, data udah aku catat semua. Karna kamu nggak mau kerja tadi, buatin laporan praktikum” sambil aku melempar buku ku.
            “Ve ....” panggil kak Kevin di pintu lab. Biologi
Aku tak menghiraukan Aji lagi, aku segera mengahampiri kak Kevin.
            “Yuk aku anter pulang.” Ajak kak Kevin
            “Yuk kak” aku segera ke kelas untuk mengambil tas. Entah ada lirikan tajam dari kedua sorot mata yang samar-samar terlihat.
            “Loh kak, kok lurus gak belok ?” tanyaku
            “Iya makan siang dulu yuk “ ajak kak Kevin
Mobil kak Kevin tiba di Louise Cafe. Aku turun kemudian membuntuti kak Kevin auntuk mencari meja yang kosong. Cafe ini memang enak dan nyaman untuk nongkrong anak ramaja, tidak hanya indoor cafe i i juga menawarkan tempat duduk outdoor yang dikeliingi taman.
            “kamu mau pesen apa ?”
            “Terserah kakak aja”
            “Yaudah.Mba orens juice 2, nasi goreng 2”
            “Emmmm Ve lo mau gak jadi cewek gue ?”
            “Hah?” aku tersedak
            “Ini ini Ve tisu. Tapi kamu nggak perlu jawab sekarang kok”
Aku masih pikir-pikir kenapa nggak ? kak Kevin juga baik, perhatian, gak cuek kayak Aji. Hah ? Aji? Ngapain aku pikirin dia? Suka juga nggak Cuma sekedar kagum doang sama foto-fotonya gak orangnya.
            “Ve?” kak Kevin menggerakkan tanganya di depan wajahku. OMG aku ngelamun.
            “ehhh iya kak aku mau” kataku tanpa sadar.
Kemudian kak Kevin meraih tanganku dan menggenggamnya.
            “Ve pulang yuk udah sore banget ntar kamu dimarahin orang tua, tadi kan nggak pamit” ajak kak Kevin.

JJJ

            “Ehm ehm ada yang baru jadian nih “
            “Loh ? masih diam aja tuh Der. PJ PJ nya mana ?”
            “kok tau?”
            “Ya iyalah Ve, kalo yang jadian kak Kevin belom ada sehari aja kabar udah nyebar, secara kak Kevin kan cowok populer”
            “Eh Der, berarti kak Kevin udah bisa buka hati lagi dong?”
            “maksudmu Ren?” tanyaku penasaran
            “Oh jadi belum tau? Kak Kevin tuh dulu playboy banget. Terus semenjak pacaran sama Icha dia tuh setia banget gak ganti-ganti cewek lagi”
            “Terus semenjak Icha pindah ke Australia hubungan mereka berhenti. Nah semnjak itu kak Kevin gak pacaran sama sekali kelihatanya stay di Icha” lanjut Dera
            “Terus sekarang buka hati lagi, buktinya jadian sama kamu. Selamat ya Ve “ kata Rena
            “Oh iya-iya” aku duduk lalu di mejaku ada sebuah makalah.
            “Eh Der tau gak ini makalah praktikum siapa? Mana dilampiran ada fotoku yang lagi ngerjain praktikum dengan wajah gak banget”
            “Aduh neng, baca dong dibawahnya jelas-jelas ada nama Veanda Prawitasari dan Aji Pamugkas” jawab Dera
            “Gila kamu Ve makalah sehari udah jadi, aku aja belum terjamah” kata Rena sambil menghampiri meja ku
Oh bertanggungjawab juga itu anak aku beri tugas, mana cepet banget sehari udah kelar. Kalo aku yang ngerjain mugkin belum kelar mana makalah juga akurat banget, rapi, sempurna banget pokoknya.
            “Gak tau yang ngerjain Aji kok” kata ku
            “Hah ? Rajin bener ?padahal dia suka males  lo Ve kalo suruh ngerjain kayak gini” jawab Dera
            “curhat tuh Ve yang pernah kelompokan sama Aji” ledek Rena
Saat aku mau meletakkan tas di laci ternyata aku lihat ada bunga dan kartu ucapan berwarna biru.
            Nice day, Dear. Besok aku jemput jam 7 pagi
            “Ve kenapa senyum-senyum sendiri?” tanya Dera
            “Itu tuh Der kayak gak tau orang pacaran aja” ledek Rena sambil menunjuk bunga yang aku bawa
            “Aduh kak Kevin emang so sweet bener”kata Dera. Aku hanya tersenyum.
            “Ve besok main yuk, besok kan libur” ajak Dera
            “Ve gak bisa tuh Der, tuh di kertas udah diajak maen sama kak Kevin. Eh kencan deh” jawab Rena.
            “Ciyeeeeeeee. Yaudah kapan-kapan aja” ledek Dera
                                                JJJ

Minggu, 07.00
            Pagi-pagi benar aku segera mandi. Lalu memilih-milih baju yang akan aku pakai. Soalnya nya kan ini jalan sama kak Kevin sebagai pacar bukan lagi temen hehehe. Tin... tin.... itu pasti suara mobil kak Kevin. Aku segera lari kedepan.
            “Hay Ve” sapa kak Kevin dengan senyumnya
            “Hay kak, ayo” kata ku dengan semangat
            “Silahkan masuk Tuan Putri”
            “Apasih kak? Aku kan jadi malu” , entah semenjak jadian aku masih enak memanggil kak Kevin dengan sebutan kakak.
            “Kamu seneng gak Ve, bunganya kemarin?”
            “Seneng kak, makasih yah”
            “Udah nyampai nih Ve ayo turun”
Kak Kevin mengajakku ke sebuah taman. Lalu kita membeli es krim dan lalu mencari tempat duduk.  Tiba-tiba hp kak Kevin berbunyi. Lalu dia minta ijin mau mengangkatnya.
            “Eh Ve kamu tunggu sini bentar ya. Aku harus ke Bandara dulu mau jemput. Kamu jangan kemana-mana nanti aku kesini lagi”, setelah mengangkat telepon itu kak Kevin tampak bahagia sekali, dan perasaan menggebu-gebu ingin segera menjemput.
Belum sempat aku menjawab kak Kevin sudah jalan ke parkiran mobil. Toh bandara juga deket kok batinku. Eh tapi jemput siapa ya? Orang tua nya kan gak kemana-mana. Ah barangkali saudaranya mau kesini. Setelah aku tunggu berjam-jam dan hari semakin sore, langit tak cerah lagi karena ditutupi oleh mendung. “Mau turun ujan deh” batinku. Tapi kak Kevin juga belum muncul. Aku tak berani meninggalkan taman, karena kak Kevin berjanji akan kembali kesini. Rintikan hujan kecil mulai turun, aku tak beranjak dari taman itu, tak lama hujan turun deras. Ada yang menepuk pundakku dari belakang.
            “Lo mau sakit ya ? udah tau ujan masih aja disini?”
            Aku lihat ternyata Aji. Hah? Sejak kapan dia disini?
            “Udah gausah nungguin Kevin, dia nggak bakalan dateng. Ayo pulang” sambil aji mengalungkan jaketnya ke aku.
            Aku sudah menggigil kedinginan. Akhirnya aku mengikuti ajakan Aji untuk pulang.
Setelah sampai rumah. Aku segera mandi memakai air hangat. Dan besoknya aku tidak masuk sekolah karena demam.
JJJ

            Siang, setelah pulang sekolah Rena dan Dera datang ke rumahku.
“Hey Ve kamu sakit apa sih ?” tanya Dera
Aku tak menjawab tapi aku ambil tangan Dera lalu aku tempelkan ke dahi.
“Oh panas?”
“Nih Ve aku bawain bubur ayam, masih panas nih”, Rena sambil meyuapi aku bubur
“Eh kok tumben gak tanya gimana kencanku?”. Dera dan Rena hanya saling berpandangan, lalu sikut-sikutan.
“Oh, gak papa deh” jawabku. Kemudian kita ngobrol seperti biasa dari topik ini sampai ke topik lainnya.
“Udah sore Ve, kita pulang dulu ya. Cepet sembuh” ajak Rena pada Dera
“makasih ya”.
Entah semenjak kemaren kak Kevin belum menanyakan keadaanku sama sekali. Hanya saja kemarin terakhir lewat pesan singkat meminta maaf karena tidak bisa jemput.
JJJ
            “Hay ..” sapa ku pada Dera dan Rena yang lagi nyalin PR di kelas.
            “Ve? Udah sembuh ya ?” Dera menghampiriku lalu memelukku
            “Lagi nyalin PR apa?” tanyaku.
            “Matematika nih, soalnya jam pertama” jawab Rena
            “Jaket siapa tuh Ve?” tanya Dera
            “Jaket Aji” jawabku singkat
            “Oooh” jawab Rena sama Dera. Untung mereka nggak nanya yang aneh-aneh soalnya lgi sibuk sama PR matematika yang lagi disalin. Aku segera menaruh jaket Aji di bangkunya.
            “Teman teman jam Matematika kosong soalnya Bu Dora lagi nunggu anaknya di Rumah Sakit” pengumuman dari Diko selaku ketua kelas. Seluruh siswa langsung bersorak.
            “Ve ke kantin yuk , laper” ajak Rena d
            “Yuk aku juga”
Aku masih memikirkan kenapa kak Kevin belum menanyakan kabarku sama sekali ?. kemudian aku melihat kak Kevin sedang makan di kantin dan... dengan siapa dia? Disuapi mesra oleh cewek berambut panjang, cantik dan aku belum pernah sama sekali melihat cewek itu di sekolah ini. Aku memberanikan diri tanya pada Dera.
            “Der? Itu siapa?” tayaku sambi aku menahan air mata
            “Eeee itu Ve dia...dia itu yang namanya Icha. Dia udah netap di Indonesia dan dia sekolah lagi disini” jawab Dera
            “Sorry Ve, kemaren aku mau beritahu kamu kalo kaaaaak Kevin balikan sama Icha, tapi aku nggak tega Ve. Kemaren lusa dia jemput Icha ke Bandara” lanjut Rena. Kemudian aku lari menghampiri kak Kevin.
            “Kak kita putus” tanpa menunggu kak Kevin menjawab aku lari dan lari menuju loteng. Aku duduk dan tertunduk, aku hanya menangis, mungkin aku hanya pelarian kak Kevin setelah ditinggal Icha pergi. Dan seperti sekarang Icha kembali, kak Kevin belum pernah terlepas dari Icha. Bodoh aku tak pernah berfikir hal panjang itu. Aku menangis tersedu-sedu. Tiba-tiba ada suara hentakan kaki menuju ke loteng. Aku segera menyeka air mata.
            “Aji?” aku segera memeluk Aji entah aku tak memikirkan apapun. Yang aku pikirkan aku hanya butuh bahu untuk menopang tangisku ini. Aji kemudian menenangkan aku.
            “Sudahlah Ve dia nggak baik buat kamu.”
            “Iya Ji, kamu bener dia nggak akan jemput aku di taman. Tapi dia jemput Icha di bandara” aku masih menangis dalam pelukan Aji.
            “Sudah Ve kamu tenang ya” Aji sambil menyeka air mata ku.
            “Kamu kayaknya nggak enak badan lagi, aku anter pulang yuk”
Tanpa ngomong apa-apa lagi aku hanya bisa mengangguk. Kemudian Aji menuju ke ruang piket untuk mencarikan aku surat ijin pulang, sedang Rena dan Dera membereskan buku dan mengambil tasku.
Saat perjalanan pulang tiba-tiba Aji berhenti pada sebuah taman.
            “Kayaknya kamu butuh tenang, ayo jalan-jalan di taman yuk”
Entah apa maksud Aji yang tiba-tiba sangat perhatian padaku. Dan aku hanya mengangguk tak menolak ajakannya. Kemudian Aji menyuruhku duduk.
            “Bentar ya aku beli es krim dulu kamu jangan kemana-mana. Tenang aku balik kok.”
Aji mencoba meyakinkanku. Aku hanya tersenyum. Tak lama kemudian Aji balik membawakan dua es krim coklat.
            “Ji kenapa kamu kerjain makalah praktikum cepet banget? Kata Dera kamu biasanya males banget ?”
            “Oh itu? Kan biar cepet selesai”
            “Aji? Aku serius!” mukaku dengan wajah sok galak
            “Ya nunjukin ke kamu kalau aku bertanggungjawab juga kalu diberi tugas. Kalo soal Dera? Aku males nylesein soalnya dia cerewet banget.”
            “Trus kenapa waktu praktikum nggak mau kerja?”
            “Oh. Biar bisa jepret kamu, lucu tau kalau kamu lagi cemberut kesel gitu”
            “Pantesan di lampiran ada fotoku yang gak banget itu. Eh bentar-bentar sejak kapan seorang Aji ngomongnya pakai aku sama kamu?”
Aji kemudian menggaruk kepala. Lalu tertawa.
            “Nah gitu dong ketawa”
            “Ternyata kamu nggak secuek yang aku bayangin ya Ji”
            “Ve? Aku tau kok waktu di lapangan basket kamu mandangin aku kan? Tapi yang nyamperin kamu malah Kevin. Aku juga tau kamu pergi ke pameran foto sama Kevin kan ? tapi kamu sempet mengamati foto hasil jepretanku?. Mungkin kalau kamu ngeliat aku disana, kamu nggak salah liat itu memang aku.”
            “Kamu kok bisa tiba-tiba datang ke taman waktu itu?”
            “Iya diam-diam aku selalu buntutin kamu sama Kevin. Aku takut kamu diapa-apain Kevin”
            “Emh Ve kamu tahu nggak maksud ku itu semua?”
Tangan Aji tiba-tiba meraih tanganku. “Aku tuh sayang sama kamu”
Entah aku hanya diam tak bisa berkata-kata. Sebegitukah perhatian Aji pada aku ?
            “Ve kamu mau nggak jadi pacar aku ?”
            “Ji? Aku udah lama pengen denger kata-kata ini. Soalnya aku sering merhatiin kamu pas lagi jepret itu karena akau juga sama kamu.”
            “Jadi kamu mau jadi pacarku ?”
            “Eiiitss tunggu ..aku mau tapi kamu harus memotret ku , masak aku terus merhatiin kamu motret orang lain?” wajahku sambil cemberut.
Kemudian  Aji mulai memainkan kameranya. “OK 1..2...3... cheeers”


                                                            end

0 komentar: